Apa itu tonsilitis? Berasa familiar tapi agak-agak lupa gimana gitu ya? Haha. Oke, jadi tonsilitis itu bahasa kerennya radang tenggorokan/amandel. Kenapa tiba-tiba saya ngepost tentang penyakit ini? Hmm, alesannya itu karena emang penyakit ini udah penyakit tahunan yang saya alami, dan akhir-akhir ini lagi sering kambuh nih. Malah waktu itu sempet kepikiran mau dioperasi aja gara-gara udah keseringan. Nah, makanya saya coba cari tahu lebih dalam tentang tonsilitis, sekaligus nyoba dishare juga ke temen-temen lain yang mungkin punya masalah yang sama dengan saya,haha. =D

Apa sih yang menyebabkan amandel jadi radang?

Jadi disekitar kita ini banyak banget kan bakteri atau virus yang bertebaran dimana-mana. Dan tidak menutup kemungkinan bakteri dan virus ini masuk ke dalam tubuh melalui mulut atau hidung. Beruntung banget nih, Allah menciptakan manusia lengkap dengan organ yang membantu melindungi tubuh agar tetap sehat. Organ tersebut adalah tonsil atau amandel. Percaya deh, Allah tidak akan menciptakan organ tubuh tanpa fungsi yang berarti seberapa pun kecilnya, demikian juga dengan amandel. Meskipun kecil, tapi manfaatnya sangat besar untuk ketahanan tubuh. Nah amandel inilah yang berperan sebagai filter, dengan menyelimuti organisme yang berbahaya tersebut dengan sel-sel darah putih. Ini yang akan menyebabkan infeksi ringan pada amandel kita, yang akan memicu sistem kekebalan tubuh untuk membentuk antibodi terhadap infeksi dimasa yang akan datang. Akan tetapi, kadang-kadang amandel sudah kewalahan menahan infeksi bakteri atau virus. Maka kondisi inilah yang menyebabkan terjadinya tonsilitis.

Namun, ada juga penyebab lain yang membuat amandel meradang, yaitu daya tahan masing-masing orang terhadap makanan/minuman/kondisi tertentu. Maksudnya itu adalah karena tiap orang memiliki sensitivitas tenggorokan yang berbeda. Ada yang rentan akan makanan/kondisi yang merangsang iritasi misalnya makanan yang pedas, minuman dingin atau udara yang dingin, akibatnya dengan mudah orang tersebut dapat menderita radang tenggorokan oleh karena iritasi, yang merupakan salah satu pemicu infeksi amandel. Makanya itu, kita harus tahu nih kondisi tubuh masing-masing, agar dapat melakukan tindakan pencegahan sejak dini.

Jadi, ga usah panik dulu kalo tenggorokan kita agak serek-serek gitu, karena itu berarti tonsil kita sedang bekerja untuk melindungi tubuh dari bahaya bakteri dan virus. Tapi, ada kalanya juga tenggorokan yang sakit udah dianggap gawat dan butuh penanganan khusus, yaitu ketika seseorang sudah mengalami tonsilitis selama tujuh kali atau lebih dalam satu tahun. Dan amandel yang membengkak itu membuat kita sulit bernapas atau menelan. Kalau udah terjadi hal seperti itu, ada baiknya langsung ke dokter THT untuk berkonsultasi lebih lanjut.

Hmm, kalo saya memang dari kecil kan udah sering banget mengalami radang tenggorokan seperti ini. Kebanyakan diakibatkan karena udara yang dingin. Gatau nih, tenggorokan saya sensitif banget nih sama udara dingin, makanya kalo gada selimut atau jaket yang bisa dijadiin penghangat, bisa dipastikan besoknya pasti radang. Zzz.. -_-β€œ. Dulu waktu kecil pernah konsultasi ke dokter, dan dokter pernah saranin untuk dioperasi aja, atau bahasa kerennya tonsillectomy. Wah, saya takut banget tuh pas disuruh kaya gitu. Akhirnya saya nolak ke ibu saya, dengan alasan takut, haha.

Sebetulnya sampe sekarang, radang yang saya alami memang ga begitu mengganggu. Tapi kondisi yang tak menentu akhir-akhir ini, membuat radang saya sering kambuh. Dan waktu itu sempet kepikiran untuk operasi. Tapi pas saya pikir-pikir ulang, nampaknya saya mengurungkan niat saya tadi. Karena saat amandel ini dihilangkan dari tubuh, suka tidak suka pasti satu lapis sistem kekebalan tubuh juga hilang kan? Dan itu menyebabkan tubuh akan lebih rentan lagi terhadap infeksi. Hmm, baiklah. Memang tindakan pencegahan itu lebih baik daripada mengobati. Dan penting bagi kita untuk mengenali kondisi tubuh kita sendiri, karena itulah kita dapat menentukan tindakan pencegahan apa yang tepat untuk tubuh kita. Oia, maaf kalo masih banyak kekurangan, mohon ditambahkan lagi memang ada yang perlu ditambahkan, dan dikoreksi kalo memang perlu dikoreksi, hehe.

Tetap Jaga Kesehatan Ya! =D


– Citra Prana Paramita (@citraprana)

Advertisements