Tiba waktunya kamipun harus berangkat ke Korea, oia waktu itu lagi bulan puasa. Aku dan Qi janjian ketemuan naik Damri bareng di Botani. Waktu itu Qi telat dari jadwal janjian gara-gara nungguin nyokapnya bungkusin rendang,haha. Karena lama nunggu Qi telat, akhirnya aku cari-cari bekal buka puasa juga di Botani buat dibungkus (waktu itu sekitar jam 4 sorean). Eh tau-tau keasikan dan sampe lupa cek HP kalo si Qi udah sampe, dan kata dia Damrinya udah mau jalan. Jadilah aku lari-lari bawa-bawa koper dari parkiran Botani ke Damri, untung gak jauh. Tapi Alhamdulillah lagi, aku gak ketinggalan Damri dan aku pun ketemu Qi pas lagi lari-lari ngejar Damri, haha. Kita pun berangkat ke Cengkareng, ngobrol ngalor ngidul, sampe gak berasa udah nyampe. Kita nyampe pas magrib waktu itu, aku yang udah bawa minum dan roti buat ber2, batalin puasa dulu dan langsung ke Mushola. Kita ganti-gantian solat dan nunggu barang, sambil nunggu Nauli yang belom nyampe-nyampe juga. Dan di jalan itu pun kita masih sempet2nya ngerjain Nauli, biar bikin doi deg2an di jalan, haha. Habis solat, kita pun makan di KFC. Pas makan disana akhirnya Nauli dateng sama bonyoknya, jadilah kita ngobrol-ngobrol, sambil (lagi-lagi) ngecengin Nauli yang beda banget tingkahnya (jadi diem) kalo lagi sama Bonyoknya, wahaha :D. Dan waktu pun menunjukkan kalo kita harus segera check in, dan terbanglah kita pake Korean Air. Karena flight kita kira2 jam 11 malem, dan perjalanan sekitar 7 jam, maka jadilah kita harus Sahur di pesawat. Ini pengalaman pertama aku Sahur on the Air loh, setelah 1 taun sebelumnya pernah Buka on the Air waktu mau ke Bangkok. Kita sahur sekitar jam 1an, dan ada kejadian kocak juga. Waktu si Nauli baru pertama kali mesen Bimbimbap, dan itu makanan kelihatannya aneh dan ada saus ditube yang mirip kaya tube cat air, haha. Ternyata rasanya pun agak aneh, untung aku sama Qi makan yang normal-normal, nasi ikan. Abis makan itu kita langsung tidur sambil nunggu subuh. Itupun subuhnya kita kira2 aja, sekitaran jam 4, duh -_-“.  Di tengah-tengah perjalanan itu, tiba2 turbulence pesawatnya, serem banget. Naik turun gitu dan itu lebih dari 5 menit. Kita yang waktu itu lagi tidur akhirnya bangun karena goyangan itu. Aku dan Nauli yang ketakutan, ngadu ke Qi yang duduk ditengah. Qi akhirnya nyuruh kita dzikir ajah. Alhamdulillah goyangan itu berhenti juga, dan terakhir kita ketahui kalo goyangan itu gara-gara pas lewat Philipina lagi ada semacam badai. Dan baru aku tau juga, pas itu ternyata Nauli udah mikir yang aneh-aneh 😦 Duh, untungnya kita gak kenapa2 yah. 🙂

Sekitar jam 7 pagi akhirnya kita sampe di Incheon airport, dan disana udah dijemput sama panitia. Di Incheon itu juga kita tahu kalo ternyata anak2 dari Indonesia ada cukup banyak yang sepesawat sama kita, akhirnya kenalan deh kita disana sambil nunggu busnya. Dari airport kita langsung ke Duksung pake bus, yang jalannya sekitar 1 jam. Sampe di dorm, aku dan Nauli sempet bingung gimana caranya hubungin Qi yang dormnya beda tempat. Akhirnya kita kontak2an pake Twitter deh, dan aku sekamar sama Nauli dan Yeti (anak HI). Abis naro barang ke dorm, kita disuruh registrasi. Oia, waktu di dorm itu kita juga kenalan sama Sora (LO kita selama disana), dan dia yang jemput kita ke kamar. Pas Sora jemput kita, ternyata Qi dijemput Sora duluan dan udah nunggu kita dibawah.  Di registrasi itu kita dapet Goodybag dan jadwal. Nah dari jadwal itu ternyata kita baru tau kalau hari itu acara bebas dan jadwal pembukaan masih besok, jadi kita bisa jalan-jalan dulu hari itu.

10514_3608554018764_2035219033_n

Biar gak repot dengan goodybag, akhirnya kita taro Goodybag Qi di kamar aku & Nauli, dan langsung caps muter-muter kampus dan taman diluar kampus bareng Sora. Dan waktu jalan-jalan itulah kita baru tau kalo kita gak boleh kelayapan sendiri tanpa ditemenin LO, sedihlah kita karena jadwal bolang yang udah di rencanakan hancur berantakan, hiks. Kita jalan-jalan cukup lama dan cukup menguras tenaga ternyata, apalagi aku sama Qi lagi puasa (Nauli waktu itu lagi gak puasa). Selesai jalan-jalan, kita balik ke dorm dan nunggu buat buka puasa karena udah mulai sore (buka puasa sekitar jam stengah 8). Seriously, waktu itu kita ngerasa gak produktif banget, karena kita gak boleh kelayapan sendirian dan harus stay di dorm ajah :(. Kitapun akhirnya buka puasa di cafeteria, dan karena kita datengnya lebih malem dari jadwal dinner, jadi makanannya udah pada hampir abis. Sisanya cuman roti-roti kecil sama kimchi dan sayuran lain yang gak enak. Akhirnya makan seadanya ajah, padahal hari itu tenaga terkuras banget tuh. Udah gitu kita ceritanya dikasih breakfast package buat sahur, eh ternyata isinya cuman chiki2an doang. Yawdalah, abis buka puasa itu kita kecewa, karena gak cocok sama makanannya dan sebetulnya masih laper. Qi yang dibekelin nyokapnya sama rendang,katanya sih di kamar makan lagi bareng Tomkur, haha. Sedangkan gue, sukses mengganjel perut dengan roti dan makanan lain punya gw, Nauli sama Yeti yang ada di kamar. Hari pertama udah bete, zzz.

562794_218812864914123_329468741_n

Besoknya kita ada jadwal pembukaan acara dan sambutan-sambutan panitia, dan tak lupa harus pake kaos seragam yang warnanya ijo. Pembukaannya cukup seru dan cukup bikin ngantuk sih sebetulnya, dan materi yang paling aku inget sih materi tentang “What makes your heart beat”. Abis dari pembukaan, kita dikumpulin utk pemilihan komite Kongres buat taun depan. Abis dari pemilihan komite itu, kita langsung siap2 bikin poster dari bahan yang udah kita bawa pake bazooka dari Jakarta. Oia buat hari itu kita ditemeninnya sama Gagyeong, dan kita ikut dia ke sekre Budhis gitu buat ambil barang-barang yang dibutuhin (kaya gunting2, dsb). Karena sekrenya ada di rooftop gitu, kita foto2 dulu dah, hehe.

2835_3608580019414_1017407165_n

Abis dari sekre itu kita langsung bikin poster. Yah walaupun cuma nempel2in, ternyata makan waktu juga. Kita juga dibantuin sama Sora & Gagyeong waktu itu, mereka baik banget. Dan mereka bilang poster kita lucu, siapa dulu yang desain gituh B-). Abis desain poster, kita buka puasa. Untungnya menu hari itu gak keabisan kaya kemarinnya, jadi bisa nyobain semuanya (yang tanpa babi). Yang bikin kita rada kaget sih karena makannya pake sumpit besi, terus dari makanan utama sampe dessert dicampur ke 1 piring, gile. Ager gue sampe ada rasa pedesnya gitu gara2 nempel sama Kimchi, haha. Udah gitu karena belom pernah nyoba makan kimchi, aku cobainlah Kimchi itu, dan ternyata gak enaaak. Abis dari makan malem itu, kita balik lagi deh ke dorm.

Suasana di dorm itu juga macem-macem betulnya. Dari rebutan kamar mandi, sampe ngegosip sama temen2 lain dari Indo jg yang gak jauh dari kamar kita. Gosipan itu gak jauh-jauh dari hasil pengamatan cowok oke selama 1 hari itu dan share makanan, waktu itu pertama kalinya aku coba Topokki. Saking asiknya ngegosip dan ketawa2, tiba2 ada yang ngetok. Kita khawatir kalo yang ngetok itu temen sebelah kamar yang keberisikan gara2 ketawa kita yang kenceng banget.  Eh pas dibuka ternyata si Munisa anak Uzbek yang pengen ikutan kita ngobrol, karena kayanya seru banget dari luar sampe kedengeran ketawanya. Jadilah si Munisa ini join bareng kita dan gak lupa dia juga bawain makanan khas dari Uzbek. Makanannya kecil, bentuknya bulet warna putih (kaya sukro). Doi bilang itu kaya permen, so kita kira itu semacem permen susu gitu kan, eh tau2nya rasanya asiiiin banget kaya upil, astaga. Ga kuat aku makannya, diem2 akhirnya itu makanan aku buang ke tong sampah, hehe maaf Munisa. Munisa juga nyobain makanan yang kita bawa dari Indo. Abis tukeran makanan itu, tiba2 dia mau ngajarin tari perut. Dan jadilah kita diajarin tari perut sama dia, walau betulnya kita semua malu gara2 perutnya pada endut2 dan gada yang serata doi. -_-“ Udah capek ngobrol disitu dan ternyata udah malem juga, akhirnya aku balik ke kamar dan ternyata si Nauli sama Yeti udah tidur ajah.

391508_3608603219994_2126650317_n

Nah besoknya itu adalah jadwalnya buat seminar session (duh, aku lupa tentang apa ini, abis rada ngantuk haha) sama pameran poster. Tim kita yang udah direncanain untuk pake dress batik kembaran, udah pake itu sejak dateng ke ruang seminarnya dan itu sukses membuat orang terkagum sama outfit kita, uhuy. Karena agak ngantuk, jadi kita caps duluan dari ruangan karena emang perlu ngeprint buat selebaran di pameran poster nanti. Sora sama Gagyeong yang nemenin kita ngeprint di ruangan panitia gitu, dan disana kita juga nyorat nyoret nama kita pake bahasa Korea, hoho unyunyaa. Setelah itu kita langsung ke tempat exhibitionnya, buat pamerin poster kita dan ngevote juga. Poster-poster yang lain juga bagus-bagus dan menarik. Singkat cerita, setelah pameran poster itu, siangnya kita mau liat presentasi temen2 kita yang kebagian presentasi hari itu dan sorenya kita ada jadwal buat ngerasain Korean culture. Jadi kita balik ke dorm buat istirahat bentar, ganti baju, abis itu ke tempat selanjutnya. (Oia entah ini berkah atau apa, pas break ini aku baru sadar kalau aku dapet, jadi ga puasa deh, wkwk)

Nah di Korean culture ini kita nyobain makanan2 khas Korea, dari rice cake yang dikasih madu, kue basah yang ada kacang merahnya, sama lemon tea yang asem banget. Berkahnya aku dapet pas banget deh, jadinya aku bisa cobain makanannya, hehe. Gak kaya Qi yang mesti dibungkus. Abis dari nyobain makanan, kita ke nyobain permainan tradisional Korea. Dan permainan ini seru dan menyenangkan banget, Subhanallah. Kita main macem2 mainan, tapi lupa namanya (nama Korea semua soalnya, haha yaiyalah). Pokonya ada bikin Ttak-Ji dari origami, trus maennya dilempar, trus ada juga kaya gasing gituh, main panahan, lempar bungkusan ke papan bolong, sama mainan model ular tangga gitu tapi dadunya panjang dan segede bantal guling. Oia, kita juga foto pake Hanbok (pakaian tradisional Korea).

246995_3608649101141_2056932086_n 308969_216199721842104_1106073750_n 309076_3608657181343_729513362_n

Abis dari situ kita ngobrol-ngobrol santai deh ber 5 di depan rumah tradisional Korea, karena waktu itu lagi ujan. Aku, Nauli, Sora, Gagyeong ngobrol ngalor ngidul. Abis dari situ, kita mau coba rehearsal buat presentasi besok. Langsung deh di ajak Sora & Gagyeong ke tempat presentasi besok dan kita gladi resik disana. Walaupun gak gladi resik juga sih, karena diliatin Gayuh, Yasmin, Tomkur, sedangkan Qi kan pengennya surprise buat besok, hehe. Udah agak malem selesai rehearsal itu, akhirnya kita balik ke dorm lagi. Kalo aku sama Nauli sih langsung hafalin teks buat presentasi besok, tapi kalo Qi katanya sih gladi resik berdua sama Tomkur buat mendukung joke2 yang mau dikeluarin sama dia besok, haha.

255545_3608629380648_552251692_n

Advertisements